Inilah Sejarah Mobil Listrik yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Mobil listrik pertama diperkenalkan pada akhir abad ke-19. Mobil listrik sendiri adalah mobil yang digerakan dengan motor listrik, yang bisa disimpan di dalam baterai atau tempat penyimpan energi yang lain. Mobil ini sempat populer, namun kemudian kepopuleran-nya pudar, karena kemunculan mobil dengan bahan bakar bensin, yang kian marak digunakan karena harga bahana bakar yang lebih murah daripada baterai mobil listrik. Namun kembali, kepopuleran mobil listrik naik saat harga minyak dunia sudah mulai naik, sehingga pemerintah di berbagai belahan dunia mulai memutuskan untuk lebih serius untuk pengembangan mobil listrik ini.

mobil-listrik

Kenaikan minyak yang drastis pada tahun 200-an itu juga memberikan kesadaran akan lingkungan pada semua orang. Gas emisi yang dihasilkan oleh mobil dengan bahan bakar minyak ternyata dapat mengikis lapisan atmosfer. Dari saat itulah, mulai banyak peneliti yang berkutat untuk mengembangkan mobil listrik ini, karena diyakini, negara maju dan berkembang tidak akan bisa selamanya menggantungkan diri pada bahan bakar minyak yang setiap harinya mengalami kenaikan harga, yang kemudian bisa menghambat sistem perekonomian negara.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Inovasi Mobil Terbaru, Dengan Teknologi Canggih yang Memanjakan Konsumen!

Penelitianpun terus dilaksanakan dengan mempertimbangkan aspek tersebut, hingga  akhirnya, pada akhir tahun 2011, semua penelitian itu berbuah manis. Mulai banyak perusahaan yang menjual mobil listrik dengan penjual yang cukup tinggi. Mobil listrik dari nissan dan mitsubishi contohnya, masing-masing dilaporkan telah menjual lebih dari 20.000 unit mobil listrik, terhitung sampai bulan November 2011 saja.

Di indonesia sendiri,  sejak tanggal 1 April 2012, pemerintah telah mendanai penelitian mengenai mobil listrik ini dengan mengeluarkan dana sebesar 100 milyar. Hal ini rupanya tidak berhenti disitu saja karena pemerintah juga menyatakan bahwa mobil listrik tidak dikenai pajak sama sekali, dan itulah yang emicu adanya perusahaan mobil listrik asal Swedia bernama ZBEE untuk mendirikan pabrik kendaraan listik di banyuwangi dengan nama pt lundin industry dengan target penjualan hingga 100.000 unit per tahun.

Artikel lainnya: Manakah yang Lebih Baik? Mobil Transmisi Manual atau Otomatis?

Sejarah yang cukup rumit ya untuk mobil listrik, tapi mobil listrik memang bibsa menjadi alternatif lain untuk berkendara, walupun harganya cenderung lebih mahal dari mobil biasa, tapi dengan mesin yang ramah lingkungan dan tidak adanya penggunan minyak, tentu saja mobil listrik menjadi pilihan yang sangat menjanjikan.