4 Cara Merawat Mobil yang Terkena Banjir

perawatan mobil terkena banjir

Tentu semua orang akan panik jika mobil kesayangannya teredam banjir karena jika tidak diperbaiki dengan cepat akan dapat merusak mobil itu sendiri. Karena itu perlu perawatan yang benar dalam menangai masalah ini.

Musim hujan tiba berarti pertanda ancaman untuk kendaraan Anda. Jika hujan terjadi berhari – hari, hal ini dapat menyebabkan banjir. Padahal, banjir memiliki resiko yang besar untuk kendaraan Anda. Semua komponen mobil bisa tak berfungsi jika sudah terendam air. Jika hal tersebut terjadi pada mobil Anda, sebaiknya jangan langsung panik karena berikut ada beberapa tips untuk membantu Anda merawat mobil yang terkena banjir.

1. Mengganti Oli

Mesin mobil pada dasarnya sudah dirancang kedap air dan semua cover mesin sudah diseal menggunakan sealant tahan panas sehingga jika terendam banjir kemungkinan kecil air bisa masuk ke dalam mesin. Hal ini tidak berlaku jika mobil pernah mengalami overheat sehingga engine jacket menjadi melengkung dan air dari radiator merembes ke dalam mesin atau melewati katup pembuangan dan masuk lewat ring silinder ruang pembakaran. Air juga bisa masuk lewat air intake mobil yang dapat membuat mobil menjadi mogok.

Untuk menghadapi kasus ini, periksa stick oil yaitu dengan menarik stick oil yang terletak di sampaing atau depan mesin. Jika oli terkena air, biasanya akan berubah warna. Oleh sebab itu, sebaiknya ganti oli mesin dan oli gardan setelah terkena banjir untuk mengurangi resiko kerusakan.

2. Mengganti Minyak Rem

Setelah menerjang banjir, minyak rem mobil sebaiknya juga segera diganti. Pasalnya,minyak rem memiliki sifat hydrophobic yaitu menyerap kelembaban dan bersenyawa dengan air. Minyak rem yang terkontaminasi dengan air sulit untuk diketahui. Padahal, jika sampai terkontaminasi ini sangat berbahaya karena menyebabkan titik didih minyak rem turun secara drastis dan tidak tahan panas oleh gesekan sistem rem. Ini dapat menyebabkan minyak rem lebih mudah mendidih dan menyebabkan rem blong.

3. Melakukan Pengeringan Komponen

Lepas semua kabel kelistrikan. Semprot dengan angin menggunakan kompresor angin. Jika tidak ada kompresor, Anda dapat menggunakan hair dryer. Komponen yang harus dibersihkan dan dikeringkan adalah saluran angin, busi, coil, karburator, saringan angin, dinamo starter, alternator, delco, Vbent, dan kabel-kabel.

4. Menguras Tangki Bahan Bakar

Menguras tangki bahan bakar sangat penting untuk mengantisipasi air masuk ke tangki selama mobil terendam banjir. Bahan bakar yang tercampur air dapat merusak komponen mesin dan menyebabkan mogok. Cara menguras tangki tersebut adalah dengan cara memasukkan selang kecil sampai ke dasar tangki dan hisap sampai bahan bakar mengalir keluar sampai habis.