Cara Sederhana Agar Ban Mobil Lebih Awet

Ban merupakan salah satu properti mobil yang jika rusak tentu saja akan menciptakan kendala tersendiri. Dengan demikian, peran ban sangat penting sama halnya dengan bensin. Jika mobil tidak bisa berjalan tanpa bensin, maka dengan ban yang rusakpun tentu saja mobil akan sulit melaju.

Sebagai komponen utama, ban mobil tentu saja perlu diberikan perawatan khusus. Oleh karena itu, keawetan ban mobil perlu dijaga, mengingat ban mobil juga dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi.

 Berikut ini merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan agar ban mobil lebih awet:

1. Jaga Kestabilan Ban Mobil Dengan Spooring dan Balancing

spooring dan balancing

Lakukan spooring dan balancing

Ban depan mobil Anda sangat berbeda dengan ban belakang mobil Anda. Oleh karena itu, seringlah merawat ban depan serta ban belakang mobil Anda sesuai dengan spesifikasinya.

Salah satu cara merawat ban mobil adalah dengan melakukan spooring dan balancing. Spooring serta balancing ini sangat penting dalam menjaga kestabilan ban mobil mengingat posisi ban mobil terkadang mengalami perubahan.

2. Gunakan Kecepatan Standar Khususnya di Jalan yang Rusak

kecepatan pelan

Perhatikan kecepatan saat mengemudi

Ngebut saat ini seakan menjaga budaya. Padahal mengendarai mobil dengan kecepatan berlebih bisa menjadi salah satu faktor penyebab mudah rusaknya ban mobil.

Apalagi jika Anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi di jalan yang rusak. Hal ini tentu saja akan semakin mempermudah kerusakan ban pada mobil Anda.

Selain itu, jangan terlalu sering mengerem secara spontan atau mendadak. Ini bisa mengakibatkan kerusakan kecil pada ban mobil Anda yang tentu saja akan menjadi kerusakan besar nantinya.

3. Perhatikan Tekanan Udara Pada Ban Mobil Anda

tekanan udara pada mobil jangan lupa di cek

Cek tekanan udara

Ban mobil atau ban kendaraan lainnya seperti motor, truk dll memang memerlukan udara. Namun udara yang berlebihan pada ban mobil juga akan membuat ban mobil lebih mudah rusak.Oleh karena itu perhatikan tekanan udara pada ban mobil.

Pastikan tekanan udaranya pas dengan ukuran ban mobil Anda.Perawatan pada ban mobil ini bisa Anda lakukan dengan memeriksa ban mobil Anda secara berkala. Perawatan mobil seperti merawat keawetan ban mobil tentu saja merupakan bagian dari menjaga keselamatan Anda sendiri.

Apalagi, cara merawat ban mobil diatas tentu saja tidak mengeluarkan biaya yang tinggi. Jadi, jika bisa hidup lebih hemat untuk keselamatan Anda dengan menjaga keawetan ban mobil, kenapa tidak dilakukan?

Nah Itulah beberapa tips yang bisa dibagikan oleh BK Rent Car dalam upaya pemeliharan ban pada mobil. Jadi intinya semua komponen perlu dilakukan perhatian dan perawatan agar tetap tidak cepat rusak.