Pilih Kredit Mobil Bekas atau Baru? Ikuti 3 Tips Ini

Ketika kamu sudah menentukan mobil mana yang akan kamu pilih untuk dibeli, maka pertanyaan selanjutnya adalah apakah kamu akan membeli mobil baru atau bekas? Apalagi jika kamu punya sedikit masalah dengan keuangan. Mungkin membeli secara kredit bisa menjadi sebuah solusi buat kamu yang memang sedang membutuhkan mobil. Oleh karena itu agar kamu tidak bingung dalam menentukan apakah akan membeli mobil baru atau bekas. Mungkin tiga pertimbangan di bawah ini bisa membantumu.

1. Servis dan Garansi

1

Ini harus menjadi salah satu pertimbangan kamu, ketika memutuskan untuk membeli mobil baru kemungkinan tidak akan repot dengan perawatan dan servis kendaraan karena biasanya akan mendapat layanan servis berkala gratis hingga kilometer tertentu. Mobil baru juga di dukung oleh mesin dan suku cadang yang asli, sehingga sudah tidak perlu khawatir akan melakukan perbaikan dalam waktu dekat. Selain itu, dengan adanya mobil baru, performa kendaraan tentu akan berbeda. Kamu bisa mendapatkan fitur-fitur yang terdapat dalam mobil.

Sementara untuk mobil bekas, kamu mungkin akan lebih sering mengganti komponen mesin atau suku cadang dari mobil tersebut. Memang tidak semua mobil bekas akan mengalami masalah tersebut, namun pemeriksaan secara detil dan seksama merupakan suatu keharusan sebelum kamu membeli mobil bekas. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakaan atau permasalahan setelah kamu membeli mobil dengan kondisi bekas. Semua pilihan kembali lagi kepada kamu.

2. Periksa Dana yang Akan Kamu Keluarkan

savings, finances, economy and home concept - close up of man wi

Kamu pasti sudah memikirkan biaya yang akan kamu keluarkan untuk membeli mobil. Jika sudah memiliki dana yang cukup untuk membeli sebuah mobil, maka tentunya mobil baru menjadi pilihan utama. Biasanya untuk mobil baru akan ada promo atau potongan harga jika kamu membeli secara tunai. Tapi, jika dana yang dimiliki terbatas, maka mobil bekas bisa menjadi pilihan baik untuk membelinya secara tunai ataupun kredit. Selain harganya lebih murah, kamu dapat mencicil dengan harga yang lebih rendah. Namun juga tetap harus memperhatikan secara detail saat membeli mobil bekas, jangan sampai terjadi kerusakan dengan hanya beberapa bulan pakai.

3. Harga Jual Kembali

harga-jual-mobil-bekas

Pada dasarnya mobil bukanlah produk investasi yang baik, karena merupakan alat konsumsi. Lama-kelamaan mobil akan mengalami penurunan harga.Tentu atas dasar ini kamu perlu berpikir ulang jika suatu saat akan menjual kembali mobil yang kamu beli. Mungkin dari segi ini, mobil bekas akan menjadi pilihan tepat dan menarik buat kamu. Harus kamu ketahui bahwa perbandingan penurunan harga mobil baru berada di kisaran 20% – 30% pada tahun-tahun pertama. Sementara mobil bekas tidak sampai sejauh itu. Tidak menjadi masalah apakah kamu akan membeli mobil baru ataupun bekas, yang paling penting adalah kegunaan dari kendaraan tersebut dan seberepa butuh kamu terhadap kendaraan yang akan dipakai.

Well, itu semua adalah hal yang harus dipertimbangkan jika ingin membeli mobil. Tetapi, apabila aktifitas harianmu tidak terlalu berat dan jangkauan wilayah tidak terlalu jauh. Tidak ada salahnya untuk menahan keinginan membeli mobil. Ketika memerlukan mobil untuk transportasi, kamu bisa menyewa atau rental mobil terlebih dahulu di tempat kami dengan berbagai macam varian mobil dan kondisi yang prima serta harga yang bersaing.