Tanpa Disadari Hal-Hal Ini Bisa Merusak Mobil Anda Perlahan-Lahan

Saat ini pertumbuhan kendaraan semakin meningkat setiap tahunnya, mulai dari kendaraan mobil maupun roda motor. Itu menandakan bahwa tingkat kepemilikan akan kendaraan meningkat pula, walau lebih banyak di dominasi oleh kepemilikan kendaraan roda dua. Kendaraan mobil saat ini sudah tidak terlalu mahal seperti tahun-tahun sebelumnya, saat ini di pasaran sudah tersedia berbagai mobil dengan kualitas yang mumpuni namun harga masih bisa terjangkau, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Tentu setiap orang ingin mempunyai mobil idaman, mobil yang bisa digunakan untuk berpergian kemanapun bersama keluarga. Namun apabila sudah memilikinya kita harus bisa merawat dan menjaga kondisi mobil baik luar ataupun dalam dengan cermat agar kondisi mobil tetap berada dalam performa yang maksimal. Anda bisa membaca artikel kami mengenai cara merawat mobil yang tepat di sini sehingga mobil Anda tetap prima.

Bagi pemiliki kendaraan mobil saat ini, mungkin banyak yang mengeluhkan kenapa mobil saya terasa pelan jalannya, atau sudah tidak nyaman saat dikemudikan? Hal tersebut bisa saja terjadi akibat kelalaian pemilik mobil tersebut. Mungkin terdapat berbagai kesalahan kecil yang diabaikan sehingga bisa membuat performa mobil menurun. Dan berikut adalah beberapa hal-hal yang bisa merusak mobil anda secara perlahan-lahan.

1. Jangan Abaikan Service Secara Berkala

 1

Ini adalah salah satu faktor kecil tapi seringkali diabaikan oleh para pemilik kendaraan mobil. Banyak yang beranggapan “ah, nanti saja” atau “ah bulan depan saja” bahkan ada yang sampai 6 bulan baru melakukan service. Hal ini tentu saja salah karena anda sering menggunakan mobil dalam perjalanan dan tentu harus membutuhkan perawatan untuk membuatnya tetap stabil. Mungkin alasan lainnya karena hari libur dimanfaatkan untuk berlibur ataupun bersantai, itu merupakan pilihan anda.

Namun apabila hal ini terus diabaikan, maka cepat atau lambat mobil anda akan mengalami kerusakan yang cukup parah dan tentu biaya yang dikeluarkan mungkin bisa 2 atau 3 kali lipat daripada biaya serivce yang hanya membutuhkan waktu tidak begitu lama. Servis rutin sangat berguna untuk mengecek bagian mobil yang tidak terlihat langsung atau tidak dapat dirasa langsung, misalnya keadaan oli mesin, oli transmisi, minyak rem, filter bensin, dan sebagainya

2. Selalu Perhatikan Sinyal Peringatan

 2

Faktor lainnya adalah para pemilik kendaraan mobil juga sering mengabaikan peringatan kecil yang terjadi yang diberikan oleh sistem. Tanda yang diberikan sebenarnya bukan hanya sembarang peringatan, namun itu adalah sinyal yang diberikan dan harus segera diperiksa ataupun diperbaiki agar masalah yang terjadi tidak semakin buruk. Apabila anda mulai memperhatikan berbagai tanda-tanda kecil ini, maka umur dan kondisi mobil anda akan lebih lama bertahan daripada yang tidak memperhatikan kondisi mobil mereka sama sekali.

3. Perhatikan Cara Mengemudi Anda

3

Dalam hal ini, cara mengemudi anda juga termasuk dalam kerusakan yang bisa dialami kondisi mobil anda, apakah anda suka memberikan hentakan, seringnya melakukan rem secara mendadak, memindahkan transmisi ketika kopling belum diinjak penuh, atau memasukkan gigi maju atau mundur ketika mobil sedang melaju ke arah berlawanan. Kenapa hal ini bisa berpengaruh? Tentu saja karena apabila anda sering melakukan hal-hal tersebut itu bisa mempengaruhi kinerja mesin mobil anda, belum lagi apabila mobil anda tergores pada body itu artinya anda harus mulai menata cara mengemudi anda kembali.

Itulah tips yang diberikan BKRentcar sebagai layanan sewa mobil di Jakarta. Untuk itu selalu perhatikan beberapa hal kecil, karena hal tersebut bisa membawa pengaruh yang besar apabila terus diabaikan dan membuat mobil anda rusak secara perlahan-lahan.